WAG: Nulis dan ngeblog itu asyik

Belajar menulis dan ngeblog hanya via Whatsapp, yakin bisa??


Source: Pinterest

                Beberapa minggu lalu, aku gabung di group whatsapp yang di tenggarai oleh Ce Maria Magdalena Dan Kak Irai. Pas awal-awal Ce Maria ngajakin, aku udah auto semangat banget. Bukan apa-apa, sebetulnya blogging itu bukan hal baru buatku. Udah pernah nge-blog dari jaman kuliah dulu, tapi setelah satu postingan ya udah selesai aja. Gak tahu kenapa, setiap buka blogger aku tuh selalu merasa stuck. Mau nulis apa ya? Ide itu susah banget dateng. Lewat aja gitu tapi gak pernah sekalipun bertengger di kepala. 

                        Makanya pas Ce Maria nawarin kelas ini, aku happy banget!! Inilah yang aku butuhkan. Butuh dorongan, butuh masukan, butuh inspirasinya, pokoknya banyak butuhnya deh. Pas gabung, banyak teman-teman yang baru juga di dunia blogging. Ada sih beberapa yang memang sudah pengalaman ngeblog, tapi banyakan sih seperti aku yang pernah ngeblog tapi mandet tengah jalan hahaha

Source: Pinterest

                            Aku tuh suka banget di group "Nulis dan Ngeblog itu asyik" ini karena aku bisa kenalan sama banyak teman-teman. Walaupun kebanyakan aku udah  kenal dari group sebelah, tapi ada beberapa yang baru aku kenal di group ini. Di group ini juga aku kenalan sama kak Irai. Aduh kak Irai ini baik bangeet. Setiap dia mengkoreksi tulisan kita, kata-katanya itu gak pernah bikin down. Selalu bikin semangat untuk terus mengimprove diri kita. Aku suka banget sama kerendahan hati Kak Irai. Walaupun sudah memiliki karya yang dibaca banyak orang, tapi tak pernah sekalipun Kak Irai membangga-banggakan dirinya. Dan dedikasinya sebagai mentor itu yang membuatku sangat terkagum-kagum. Walaupun kita tinggal di different time zone, tapi Kak Irai selalu meluangkan waktunya untuk membaca setiap blog dan memberikan masukan terbaik. Jadi, kita bisa belajar dari kesalahan kita dan juga dari kesalahan teman-teman lainnya. 

                           Kalau Ce Maria, jangan ditanya ya. Dia sangat menginspirasiku. Sosok Ce Maria ini yang membuka mataku kalau sebagai seorang wanita itu, kita dituntut untuk menguasai banyak hal. Gak cuma melulu ngurusin urusan dapur dan rumah, tapi kita bisa merambah ke banyak hal. Coba deh cek blog nya Ce Maria. Pasti Sangat terkagum-kagum deh. Apapun dia kerjakan, Apapun dia tekuni. 

                        Nah, walaupun dua mentor ini sangat baik hati tetapi mereka pun bisa sangat tegas terhadap kami para muridnya. Setiap pertanyaan selalu di respon. Walaupun pertanyaan itu sudah ditanyakan ribuan kali. 😆😆😆😆Kalau ada dari kita yang gagal memenuhi deadline, maka mereka akan segera men-DO kita dari group. Serem Kaaaan?? 😱😱

                    Tenang....

                 Kalian masih bisa lanjut masuk di group asalkan bisa segera menyelesaikan tugas yang diberikan. Fair kan??


                    Di kelas ini, kita di dorong untuk menulis SEMUA hal yang ingin kita tulis. Tulis aja dulu, gak usah mikirin bagus atau gak nya. Biarkan ide itu datang dan mengalir dengan sendirinya. Disini kita juga di anjurkan untuk sering-sering blogwalking ke blog teman-teman kita, karena terkadang inspirasi menulis itu bisa datang dari hasil jalan-jalan kita ini. Dan benar loh, ada aja ide yang datang setelah membaca tulisan teman-teman. Dan blog-walking ini menjadi hobi baru di masa covid ini. 


                          Kalau kita sudah di tahap ide tulisan sudah lancar dan rasa PEDE dalam menulis itu sudah tumbuh. Barulah kita mulai di proses Self-Editing. Dikelas ini, proses Self-Editing dilakukan dengan cara mengoreksi tulisan teman kita. Aku sudah tulis pengalaman ini di postingan ini ya. Boleh di cek 😁https://cjfamilylife.blogspot.com/2020/07/horornya-mengedit-tulisan-orang.html

                        Walau ngeri-ngeri sedap karena disuruh mengoreksi karya orang lain yang notabene karya kita aja masih perlu banyak perbaikan, disini aku belajar agar bisa menempatkan posisi kita di posisi pembaca. Dan surprisingly, dengan tugas ini aku banyak banget dapat ilmu dan informasi lebih tentang cara menulis. Dan akhirnya aku paham bagaimana nantinya mengoreksi tulisan sendiri. 

                        Yang paling susah ketika mengikuti kelas ini adalah banyak nya chat yang akhirnya bertumpuk. Jadi kalau kita gak sering-sering cek group, pasti harus menscroll jauh ke atas. Maka gak heran, kalau ada saja yang tertinggal materi atau info tugas. Sebetulnya mudah banget sih untuk mengatasi hal ini. Satu, kita harus rajin mengecek group karena dari ratusan chat itu pasti ada aja info menarik yang kita dapatkan. Yang kedua, mungkin group materi dan tugas bisa dibuat terpisah dari group chat sehingga  akan sangat memudahkan peserta yang gak bisa selalu memantau group chat. 

                            Balik lagi ke pertanyaan, Bisakah belajar menulis dan ngeblog hanya dari whatsapp group? Jawabannya: BISA banget!! Kuncinya adalah dedikasi dan komitmen kita untuk terus mengikuti setiap materi dan mengerjakan setiap tugas yang diberikan. Jaman sekarang gitu loh, belajar itu bisa dari mana aja. Jadi tunggu apalagi? Yuk ikutan batch selanjutnya di group "Nulis dan Ngeblog itu asyik". Dijamin gak bakalan nyesel deh. Selain bisa kenalan dengan teman-teman baru, kita juga dapat ilmu langsung dari dua mentor keren yang memang sudah ahli di bidangnya. 

                                Yang mau bisa langsung kontak Ce Maria ya. 😊😊



                        Keep Writing and Never Give up!!


                        Love,

                        CJ Family

Comments

  1. selalu suka sm tulisanmu Mba. Kok bisa sih ngalir lancar begitu panjang namun enak di baca. Foto2nya jg selalu cakep, pas banget gitu lho. Pinter browsingnya. Blog contekanku nih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw pokoknya selain blog walking, aku rajin jalan- jalan di pinterest. Semua ada disitu!! 😂😂😂. Itu contekan aku banget. Kl mau photoshoot sama Jade, nyonyek pose nya juga disitu 🤣🤣🤣🤣

      Delete
  2. Waaah, terima kasih kesan dan pesannya. Never ending learning and improvement. Itu yang saya suka dari semua teman-teman yang mengikuti kelas ini. Terima kasih untuk patuh dengan komitmen yang diberi. Semua untuk kebaikan kita. Kan?

    Satu poin yang bisa jadi pertimbangan kami untuk batch berikutnya. Mengasingkan grup materi dan chat/setor tugas. Menarik ini. Akan kami diskusikan nanti. Terima kasih sekali lagi untuk sarannya.

    Oya, Mbak Fey, rujuk lagi ya PUEBI-nya. Masih banyak penulisan di yang belum tepat. Insya Allah, saya yakin Mbak Fey akan terus menjadi lebih baik menulisnya ke depan.

    Tetap semangat, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kak Irai. Kelemahan aku memang disitu. 🤭🤭🤭 Selalu semangat dong hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts